Indonesia Eduride : Berawal dari Keprihatinan dan Sebuah Buku

Pertama kali digagas oleh Steven Dharma, seorang entusias kegiatan otomotif terutama roda dua, yang prihatin melihat kondisi lalu lintas di mayoritas jalanan di kota-kota besar di Indonesia, dimana secara umum terlihat dari berbagai perilaku bersepeda motor negatif / egois dan membahayakan, seperti melanggar aturan lalu lintas, cuek, tidak sabar, arogan (sombong), anarkis, dan lain lain, yang dapat menimbulkan kerugian materi dan non-materi.

Berawal dari keprihatinan, lalu timbul kepedulian, ditambah ingin berbuat sesuatu yang nyata, lahirlah sebuah buku berjudul The Advanced Rider, Pedoman Menjadi Pemotor Aman, Andal, dan Humanis yang terbit perdana di 2018. Buku ini sangat cocok dibaca semua kalangan terutama mereka yang menggunakan sepeda motor sebagai sarana transportasi atau juga salah satu bentuk penyaluran hobi.

Buku ini berisi berbagai pengetahuan dan pemahaman yang lengkap, jelas, dan sistematis sehingga layak untuk dijadikan referensi serta panduan untuk meningkatkan kemampuan bersepeda motor, terutama di dalam melakukan:

  • persiapan semestinya dan sesuai,
  • aksi pengendalian sepeda motor yang aman dan humanis, dan
  • aksi humanis yang aman.

Harapan Steven bagi para pembaca buku ini adalah mereka dapat menjadi pemotor advanced, yaitu pemotor yang siap (sadar dan mampu) untuk:

  1. menurunkan potensi dan kemungkinan terjadinya kejadian tidak diinginkan (terutama kecelakaan), bahkan mampu mencegah agar kejadian tidak diinginkan itu tidak terjadi,
  2. mengantisipasi berbagai risiko yang mungkin terjadi saat mengalami kejadian tidak diinginkan dan sesudahnya, serta
  3. meningkatkan rasa humanis. Peduli terhadap mereka yang dekat secara jarak (teman seperjalanan, pengguna jalan lain, dll) serta yang dekat di hati dan di pikiran, yaitu keluarga, saudara, pasangan, komunitasnya, dan sebagainya

Hasil akhir yang diharapkan adalah tercapainya empat nihil, yaitu nihil kecelakaan, nihil kerusakan, nihil insiden, dan nihil kehilangan.

 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!