Balancing Ban Mutlak Bagi Pengguna Kecepatan

Seiring dengan perkembangan jaman, kini sepeda motor yang beredar di masyarakat mulai didominasi oleh sepedamotor dengan pelek casting wheel atau yang lazim disebut pelek palang. Meski bukan berarti serta merta pelek jari-jari ditinggalkan oleh publik.
Selain terlihat lebih modis dan modern, kemudian laju motor akan lebih stabil, pelek palang juga mengakomodir penggunaan ban tubeless sehingga lebih aman dan nyaman. Akan tetapi jangan salah, bukan berarti tanpa masalah. Dalam suatu ketika pengguna motor berpelek palang akan merasakan ketidakstabilan terlebih saat melaju kencang. Nah... itu mutlak dibalancing.
Publik biasanya mengenal balancing dengan mempergunakan mesin hanya ada pada pelek ban mobil, tapi kini telah ada pula balancing pada pelek ban motor dengan memanfaatkan teknologi mesin.
”Balancing pelek motor dengan alat balancing pelek mobil lebih bagus dibandingkan cara konvensional karena juga memperhitungkan vibrasi” ujar Adhi Ramadhia, bagian teknis PT. Suryaraya Rubberindo Industries (SRI) produsen ban Federal dan FDR.
Salah satu yang mengaplikasi adalah Planet Ban. Digawangi oleh sekurangnya 6 orang dengan satu supervisor, PB siap melayani kebutuhan ban para biker.
Indra, alumni sebuah Sekolah Menengah Kejuruan swasta di Jakarta ini menuturkan, ”Alat kami ini mampu mem-balance pelek sepeda motor dengan diameter 14 hingga 19 inchi”
Alat yang dimiliki merek Nikose tipe BMP20. Untuk tarif balancing per roda 25 ribu, kemudian bila penggunaan timah balance per buah 3 ribu.

1 Komentar

toriq paringgie03 November 2013

buseeett mahalnyooo... untuk balancing buat velg mobil aja per ban 13-20rb itu udh d hitung sama timah balance. lha ini 25rb per ban belum lagi 3rb perbuah timah balance padahal secara keseluruhan alatnya gak beda jauh. wow bgt

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!