Yamaha YZR 500 1992  : Wayne Rainey Kembali Berkendara di Goodwood Festival of Speed 2022



Juara Grand Prix 500cc tiga kali (1990, 1991, 1992) Wayne Rainey dipersatukan kembali dengan YZR500 pemenang kejuaraan tahun 1992 dalam tampilan emosional di Goodwood Festival of Speed ??tahun ini. Peristiwa itu menandai pertama kalinya Rainey, yang lumpuh dari dada ke bawah dalam kecelakaan di Grand Prix Italia 1993, mengendarai motor balap sejak kecelakaan yang mengakhiri karirnya.

Goodwood Festival of Speed ??2022 menyaksikan salah satu juara paling ikonik Yamaha kembali ke salah satu mesin balap paling legendaris Yamaha saat Wayne Rainey menaiki bukit yang terkenal dengan versi modifikasi khusus dari YZR500 pemenang kejuaraan 1992 miliknya.

Ini adalah pertama kalinya Rainey, yang memenangkan Kejuaraan Dunia Grand Prix 500cc untuk Yamaha tiga kali berturut-turut antara tahun 1990 dan 1992 sebelum kecelakaan yang mengakhiri karirnya di Misano pada tahun 1993, muncul di Goodwood Festival of Speed ??yang legendaris – sebuah perayaan dari semua olahraga motor yang diadakan di Goodwood Estate yang indah di dekat Chichester, Inggris – dan pembalap California itu melakukannya dengan penuh gaya, menandai pertama kalinya dia mengendarai sepeda motor dengan spesifikasi balap dalam hampir 30 tahun.

YZR500 1992 secara khusus diadaptasi oleh para insinyur Yamaha Motor Company di Jepang, yang memodifikasi sistem perpindahan gigi sehingga Rainey dapat mengubah gigi naik dan turun dengan kontrol di setang kiri.

Setelah sesi tes pribadi awal pekan ini, Rainey naik ke atas bukit untuk pertama kalinya dengan tepuk tangan meriah pada hari Kamis bersama rekan senegaranya, sesama juara Yamaha dan bos Marlboro Yamaha Team Roberts Kenny Roberts Snr, serta mantan rival 500cc Kevin Schwantz dan Mick Doohan. Rainey akan menyelesaikan dua putaran pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu untuk kerumunan ramai Goodwood.

Wayne Rainey

“Saya cukup gugup mengendarai YZR500, karena ketika saya mengendarai R1 semuanya cukup mudah karena sepeda hari ini memiliki begitu banyak elektronik tetapi sedikit berbeda dengan sepeda Grand Prix 500cc! Tapi, jujur ??saja, rasanya seperti teman lama. Itu selalu merupakan tantangan untuk membalap motor di level itu, berjuang untuk kemenangan balapan dan kejuaraan, tetapi berada di sini 30 tahun kemudian, bisa naik motor dan mengendarainya ke atas bukit dalam pengaturan yang bagus dan lembut adalah hal yang fantastis. Motor itu ada untuk saya saat itu dan ada untuk saya hari ini, jadi saya senang.

Saya tidak tahu apa yang diharapkan, saya tidak bisa benar-benar pergi ke sana karena saya tidak tahu bagaimana rasanya, tetapi ketika saya memakai helm saya dan mereka menyalakan motor, saya seperti 'hidup'. Mampu naik ke atas bukit dan melewati tikungan, melihat ke bawah dan melihat bahwa saya berada di sepeda Grand Prix saya lagi setelah bertahun-tahun merasa seperti berada di dunia yang sama sekali berbeda, dan melakukannya bersama orang-orang itu, Kenny, Kevin dan Mick, saya tidak bisa meminta lebih dari berbagi pengalaman ini dengan mereka. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Duke of Richmond karena telah menerima saya dan kepada Yamaha karena telah mengeluarkan sepeda dari museum dan mengadaptasinya untuk saya kendarai.”

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!