Suzuki Crystal Tune 1992 (Solo) : Legenda Yang Kembali Hadir


Motor milik Avi Prakoso (40 tahun) ini berawal dari turing Bersama dengan M. Fadli Imammuddin (37 tahun) yang merupakan mantan pembalap motor nasional yang kini menjadi atlet paralimpik cabang bersepeda. Sempat turing, dia sempat menyeletuk, “Wah .. Crsytal. Motor legend nih”
Avi pun sempat terpikir ucapan Fadli tersebut. Oh ya. Saat itu, kondisi Fadli kakinya telah diamputasi, namun meskipun demikian beliau masih tetap bersepeda motor dengan lincah.
“Akhirnya saya memakai motor tersebut berkendara ke Pacitan. Busyet. Bener ternyata .. riding nya enak sekali. Gesit. Lincah. Buat zig zag enak bener dipakainya” terang Avi.
Akhirnya dia pun google di internet. Weeew … ternyata motor ini asalnya impor dari Jepang. Digali lagi, mesin Crystal kualitasnya bagus, bloknya sangat keras. Motor ini pun banyak dipergunakan di jalanan. Balap pasar senggol, balap liar, road race, juga grass track.


Sehingga jadilah Crystal yang seperti sekarang ini.
Mesinnya sih ingin dibuat 90% aslinya. Termasuk pengapian dan KARBURATOR. Main porting dan reamer KARBURATOR. Lidah membran mempergunakan KX sedangkan skep memakai Suzuki A100.  Ini semua digarap oleh Chandra. Chandra adalah mekanik spesialis Suzuki dan penggemar RC series. Pihak lainnya yang menggarap ini adalah Hari Coolwest.

“Konsep motor saya memang mengacu ke 90an gitu mas” terang Avi. Lampu depan memakai day maker. Seluruh lampunya sudah 100% LED. Pelek palang 6 lansiran Yoko tertanam di motor ini. Sayangnya, speedometer tidak jalan meskipun demikian lampunya sudah LED.

Oh ya. Rem bawaan Crystal aslinya sih tromol diganti dengan cakram hidrolik RPM Motor dengan disc dari Exiter original untuk selang rem dari TDR dan masterrem NX4. Dengan teleskopik dari Suzuki Smash Titan 115 karena dianggap paling pas dengan dimensi Crystal.
untuk holder kiri memakai ori sedangkan kanan memakai Kawasaki KSR110. Untuk roda memakai Corsa R46 jenis soft kompon. Filter UNI ori Amrik. 
Bagian kelir dan striping memakai old Smash yang berkelir silver biru. Knalpot pun sama nasibnya dengan pelek. NOS. Silencer POP asli Jepang. Ajibbb …

Bagi yang berminat bisa hubungi Avi. Buka harga 25 juta nego.



Avi Prakoso
Alamat : Jln.Tribusono No 18, Sondakan,
Solo
No. HP :
0895326900009

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!