Honda XR650L 2018 : Penghormatan bagi Nicky Hayden

Nicky Hayden memang menorehkan sejarah tersendiri bagi para penggemar MotoGP. Terlebih lagi, pembalap yang identik dengan nomer start 69 ini meninggal secara tak terduga Mei tahun lalu. Maka pihak AMA Hall of Fame berinisiatif memasukan tokoh icon ini.

Pihak Museum Hall of Fame ini memberi amanat ke Analog Motorcycles Chicago. Honda Amerika Serikat menyumbangkan sepedamotor berupa CBR1000RR dengan balutan MotoGP dengan livery Repsol ala Nicky Hayden. Namun untuk motor kedua diserahkan ke Tony Prust (Chicago Analog Motorcycle).

Kebanyakan orang mengenal Nicky Hayden sebagai pembalap MotoGP ataupun World Superbike. Tapi bagi penggemar lamanya akan mengenal Nicky sebagai pembalap yang mengawali karirnya di balap Flat Track.

Tony menerangkan, “Saya memilih untuk membangun motor Flat Track. Karena di situlah awal dari Nicky berada. Selain itu, saya ingin ada warisan balap Amerika. Maka saya memilih livery balap RC51 AMA 2002. Sedangkan sisanya membuatnya mengalir dan tidak terlihat maksain”

Sebelumnya, Tony harus mencari bahan motornya. Pihak AMA sendiri menginginkan motor legal sehingga terpilihlah CRF250L dan XR650L masuk dalam list. Tak lama kemudian Honda mengumumkan CRF450L dan Tony memutuskan, “450 pasti menyenangkan. Tapi menurut saya XR650 yang berpendingin udara lebih cocok”

XR650L adalah pilihan yang luar biasa. Ini masih terhitung sepupu dengan pendominasi di gurun XR650R membuatnya bertenaga. Ada banyak part aftermarket terkecuali bila Anda ingin membuat Flat Tracker.

“Saya tadinya mencari tangki dan tail kit yang terbuat dari bahan fiberglass” ujar Tony. “Tapi karena pelumas dalam desain backbone dan rangka, ini terbukti begitu menantang. Maka ketika saya terus mengasah keterampilan membentuk logam akhirnya saya memutuskan untuk membuatnya secara keseluruhan”

“Jujur saja, ini tidak masuk budget. Tapi karena saya adalah penggemar Nicky Hayden dan Hall Of Fame adalah alasan yang bagus, maka kami memutuskan untuk menggarapnya.” Tonya mmebentuk tangka bahan bakar baru dengan dasar tangki bahan bakar klasik seperti Harley-Davidson XR750. Selain itu dibuat pula bagian ekor yang dilengkapi dengan nomer start dan jok custom.

Sepatbor (belakang juga ada, meski terlihat mungil) seperti papan nomer depan, semuanya mengalir dan terbentuk Bersama secara sempurna. Bagian atas papan nomer depan membungkus speedometer sedangkan papan nomer belakang kanan meng-cover knalpot. Analog mempergunakan headlamp yang tersembunyi begitu pula lampu belakang LED yang mungil.

Sedangkan untuk sasis, bagian subframe dimodifikasi untuk mengakomodasi bagian belakang baru. Analog juga menyematkan sok custom built Hyperpro di bagian belakang dan sok KTM 690 Enduro yang disesuaikan dengan spek Honda. Pelek Sun, jari-jari Buchanan dan ban Dunlop DT3 dengan lingkar roda 19 inci.

Tony memastikan motor Honda yang digarap dapat berjalan sebaik mungkin. Dia melepaskan emisi mesin Octopus (biasa dipakai di XR650L) kemudian memasang karburator Keihin FCR41. Intake custom dengan filter K & N dan kopling hidrolik dari Magura. Analog juga memodifikasi dan melapisi keramik pada header knalpot dan memasang knalpot Cone Engineering.

Ada sejumlah detail ubahan yang dilakukan. Terpasang setang Magura dan silinder utama, grip Oury, speedo Motogadget, spion dan sakelar, dan merek mereka sendiri dari lampu sein LED mini.

Motor ini juga sepenuhnya dipasang kembali di sekitar m.unit Motogadget, dengan baterai lithium-ion EarthX. Analog bahkan mengalami kesulitan membungkus semua kabel di WireCare sleeving dan tubing.

Jason di Artistimo Customs menangani cat tersebut, berhasil mengadaptasi livery AM51 Championship RC51 2002 Kid Kentucky dari Kentucky ke bentuk XR650L. Bagian-bagian tertentu terkena powder coating untuk menghabisi semuanya; beberapa di bengkel sendiri, dan beberapa oleh J&J Powder Coating.

"Kami merasa sangat terhormat diminta untuk membuat motor ini untuk pembalap dan manusia yang luar biasa," kata Tony, "Kami merasa senang berada di upacara pembukaan pada awal Desember." “AMA, American Honda, dan keluarga Hayden semuanya ada di sana untuk mengungkap mesin di atas panggung dan mereka semua benar-benar terkesan dengan bagaimana hasilnya. Itu adalah puncak tahun kami di sini di Analog Motorcycles dan cara yang bagus untuk mengakhiri 2018. ”

XR650L garapan Analog ini adalah Flat Tracker yang legal dan dibangun dengan sangat baik. Ini juga merupakan penghargaan yang menakjubkan bagi salah satu pembalap motor legendaris tidak hanya di Amerika tapi dunia.

 

 

 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!