Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Melakukan Bakti Sosial


Menyambut hari Sumpah Pemuda Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur di Jayapura, yang merupakan gabungan dari berbagai komunitas menggelar bakti pemuda berupa donor darah dan penyaluran donasi bantuan sosial kepada korban kebakaran di Kampung Tengah, Dok 9, Kota Jayapura.

Untuk di Jayapura sendiri kegiatan donor darah ini diikuti oleh 12 komunitas bekerja sama dengan PMI Provinsi Papua dan digelar di Gedung LPTQ Kotaraja, Kota Jayapura, Minggu (25/10) siang.

Menurut Bro Dian Rahadian, selaku Ketua Panitia mengatakan, “Kegiatan Bakti Pemuda dengan tema "Setetes Darah Untuk Negeri" ini bertujuan agar kami pemuda pemudi khususnya yang tergabung dalam komunitas bisa berbagi dan membiasakan diri mendonorkan darahnya sebagai salah satu bentuk aksi kemanusiaan. Kegiatan ini juga dilaksanakan dengan protokoler kesehatan sesuai petunjuk dari Tim Gugus Tugas dan dari Pihak Kepolisian selaku pemberi ijin kegiatan”.

Sedangkan penanggung jawab kegiatan yaitu Agus Mardinata selaku Pimpinan PT. Djarum Jayapura menyampaikan bahwa kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan kriteria donor darah oleh komunitas terbanyak. Kegiatan ini diselenggarakan di 58 kota/kabupaten, melibatkan 492 komunitas. Mantap !

Sebelum dilaksanakan kegiatan donor darah, pagi harinya perwakilan gabungan komunitas ini terlebih dahulu melaksanakan kegiatan bakti sosial yaitu menyerahkan bantuan kepada para korban kebakaran di Kampung Tengah, Dok 9, Kota Jayapura, Papua yang terjadi pada Senin (19 Oktober) malam yang menghanguskan sekitar 150 rumah. Bantuan diberikan melalui Posko Induk Penanganan Korban Kebakaran dari Pemerintah yang bertempat di Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Papua, Dok 9, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Sekretaris Panitia,  Adam Lubis menyampaikan, “Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dari kami. Bantuan tersebut berupa kebutuhan pokok sehari-hari seperti bahan makanan, pakaian bayi, popok bayi, peralatan mandi, peralatan masak, pakaian layak pakai, dan air mineral. Semoga bantuan kami yang tidak seberapa ini dapat bermanfaat untuk para korban.”

Sementara itu Entis Sutisna, perwakilan dari paguyuban Forum Sunda Ngumbara menyampaikan bahwa kegiatan ini baik sekali dilaksanakan, karena bertujuan mulia untuk kemanusiaan, dan bersyukur diberikan kesempatan untuk melaksanakan kegiatan donor darah ini.

Di waktu terpisah, Perwakilan PMI Provinsi Papua Widi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. "Kami berterima kasih sekali kepada komunitas-komunitas yang tergabung untuk menyelenggarakan acara donor darah ini, karena setetes darah dapat menyelamatkan kehidupan sesama manusia yang membutuhkan".

Acara Donor darah ini telah menghasilkan sebanyak 83 kantong darah, dengan rincian, Golongan Darah A: 18 kantong, Golongan Darah B: 32 kantong, Golongan Darah O: 28 kantong, dan Golongan Darah AB: 5 kantong.

Sebagai informasi, kegiatan ini diikuti oleh 3 Komponen Komunitas, yakni pertama, komunitas R2 dan R4 yang tergabung dalam Bold Riders Jayapura, yaitu SSFC Jayapura, Jaxcom Jayapura, YVCI Jayapura, ARCI Jayapura, YVCI Sentani, YVCI Keerom, dan YR15CI Jayapura. Kedua, Komunitas Super Fans yaitu Viking Papua, Bonek Jayapura, dan Juventini Jayapura. Serta komunitas yang tergabung di Super Family yaitu Paguyuban Sunda Ngumbara dan Info Warga Jember.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!