JFK 2019 : Suzuki Kembali Pamerkan Skuter India



Sebagaimana tahun lalu, PT. Suzuki Indombil Sales (SIS) kembali memamerkan sepedamotor lansiran pabrikan India bulat-bulat. Bila tahun lalu tampilkan Suzuki Intruder 150 dan Access 125, maka kali ini sebagaimana telah diketahui meluncurkan Suzuki Burgman yang kembali hadir dengan depot pacu 125 cc. Mesin tidak neko-neko, jadi jangan harap ada pendingin cair begitu pula pemasok bahan bakar masih andalkan karburator.


Meskipun demikian, apabila dibandingkan dengan produk lokal sejenis produk ini bisa dikomparasi dengan Yamaha Lexi ! Terlepas dari pemilihan lingkar roda yang nyleneh bodi bisa diterima dengan baik oleh konsumen tanah air. Berbeda ketika pemilihan Access 125 yang tampak begitu kental aura India sedangkan ini ada perpaduan dengan selera Jepang. Mulai dari pemilihan warna hingga detail cover knalpot tertata dengan rapi (tentunya diluar sari guard).
Sejumlah fitur membuat skuter ini lebih berasa skuternya. Sebut saja bagasi yang luas di bawah jok, charger di area depan, panel speedometer universal, dan lainnya.


Tinggal PRnya adalah pemilihan lingkar roda. Bila konsumen motor lain dengan kapasitas tidak terlalu besar memilih diameter yang sama maka Suzuki berbeda dengan lingkar roda Burgman 125. Ban depan terlihat ‘normal’ yaitu diameter 12 inci. Sayangnya, kenapa ban belakang dijejali 10 inci ? belum lagi dipasang protector aneh khas India. Wew …


Bila diperbolehkan berandai-andai nih. Mengapa tidak dibuat diameter ban belakang juga 12 inci pula? Tentu dengan ukuran yang sedikit lebih lebar dibandingkan roda depan. Bila roda depan 90/90 – 12 maka roda belakang mungkin dipilih sekurangnya 100/90 – 12. Terlebih lagi, bila Suzuki memberikan kesempatan awak media untuk mencicipinya.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!