Motor Listrik Gesits Siap Diproduksi Massal

Sepeda motor listrik Gesits mulai diproduksi awal 2019. Produksi akan dilakukan di pabrik yang terletak di Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dengan kapasitas produksi 50.000 hingga 60.000 unit per tahun.
Gesits merupakan kolaborasi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kendaraan ini diklaim dapat dibesut hingga 100 km/jam. Harga jual di kisaran 20 juta per unit.
Demikian dikatakan oleh Menristek DIkti Mohammad Nasir (22/11) pasca pemaparan kinerja empat tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo melalui Forum Merdeka Barat 9 di Kantor Gubernur Jawa Timur, Surabaya.
“Negara dalam hal ini berperan mendoorng produksi kendaraan ramah lingkungan untuk masyarakat secara mandiri. Teknologi kendaraan listrik masih berjalan di dunia meski belum menjadi yang utama. Kendaraan yang mayoritas diproduksi masih mempergunakan bahan bakar minyak atau setidaknya hibrida dengan listrik.”papar Nasir.


Nasir menambahkan karena teknologi kendaraan listrik belum menjadi yang utama, Indonesia tidak merasa tertinggal. Walau motor listrik telah dipasarkan di tanah air, produk sendiri optimis lebih diminati oleh masyarakat.
Sepedamotor listrik yang dijual di pasaran saat hanya mampu dibesut mentok 40 km per jam. Sedangkan motor dengan kemampuan kecepatan 80 km per jam menembus 100 juta per unit nya. Nasir berkomentar,”Gesits adalah sepedamotor listrik dengan struktur umum. Kendaraan ini mampu dibesut hingga 100 km per jam. Pengukur kecepatan pada head kendaraan merupakan HP yang dapat dicopot dan difungsikan tidak hanya sebagai alat ukur laju dan indikasi daya listrik. Di samping itu, sistem daya kendaraan  memakai metode batter swap (tukar baterai) yang nanti berlangsung di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum.
“Tugas kami dalam penelitian dan pengembangan sudah selesai. Untuk produksi dan harga jual, kami sebenarnya tidak berwenang untuk itu”.
Meskipun demikian, pemesanan sudah dapat dilakukan.

 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!