GP Prancis 2019 : Marquez Berjaya


Le Mans, sirkuit legendaris kebanggaan Perancis menjadi saksi kejayaan Marquez. Sempat terjatuh pada saat sesi kualifikasi, Sabru, Marc mampu bangkit pada balapan Ahad dan berdiri di podium tertinggi seri kelima MotoGP 2019 tersebut. Marquez yang mencatatkan diri kemenangan ketiganya kali ini menaklukan perlawanan sengit dari kubu Ducati dan tantangan cuaca di GP Prancis kali ini.
“Well, Le Mans selalu sulit karena faktor suhu trek, Saya begitu senang dengan kemenangan kali ini karena Ducati dan Yamaha biasanya sangat cepat di sirkuit ini karena biasanya Yamaha dan Ducati amat cepat di sirkuit ini. Kali ini kami yang tercepat”tandas pembalap andalan Repsol Honda ini.


Le Mans dikenal sebagai salah satu sirkuit yang sulit diprediksi dan sering ada kejutan. Suhu rata-rata permukaan aspal di sirkuit ini lebih rendah dibanding sirkuit yang lainnya karena faktor iklim yang yang dingin. Selain itu, suhu sirkuit cepat berubah dalam hitungan pendek.
Ini terlihat pada sesi kualifikasi, di awal sesi penentuan posisi start itu mendadak turun hujan. Trek yang basah membuat motor mudah tergelincir, ini dialami Marquez. Untungnya dia tidak cidera. Sebelum turun hujan, dia sudah meraih waktu tercepat yang membuatnya start terdepan.
Capaian itu membuat Marquez menyamai rekor Valentino Rossi, 55 kali start terdepan di MotoGP. Posisi tersebut membantunya memenangi lomba. Dia tak terkejar sejak awal meski sempat diteror oleh duo Ducati, Danilo Petrucci dan Jack Miller. Miller malah sempat menyalip di lap kelima sebelum merebut kembali posisi terdepan pada lap berikutnya.


Kemenangan itu tak lepas dari kejelian taktik tim Repsol Honda yang memasang ban kompon linak di depan motor RC213V milik Marquez. Pasca ban jenis ini dapat mencengkram di sirkuit Le Mans, termasuk dalam hujan. Marquez pun sulit dikejar hingga finis.
Untuk kali pertama, Marquez menang beruntung di Le Mans. DI musim 2015 – 2017 sirkuit sepanjang 4,1 kilometer ini dikuasai oleh Yamaha.”Ini kali pertama saya memakai kompon lunak di ban depan. Saya mencoba konsisten di setiap lap hingga finis”terang Marquez.
Marquez masih bertengger di puncak klasemen yang disusul oleh Andrea Dovizioso yang finis kedua.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!