EWC 2021 : Yoshimura SERT Kembali Juara Dunia

Yoshimura SERT Motul Team Director Yohei Kato memberikan wawasan tentang tim yang memenangkan Kejuaraan Dunia EWC musim 2021 yang luar biasa.

Kejuaraan Ketahanan Dunia 2021 adalah tahun pertama kolaborasi tim baru antara Suzuki Motor Corporation (SMC) dan Yoshimura Jepang. Kemitraan ini terbukti menjadi formula kemenangan.

Yoshimura diminta oleh SMC untuk memberikan proyek yang akan melanjutkan dominasi Suzuki di Kejuaraan Dunia Ketahanan. Yoshimura kemudian memilih juara EWC 16 kali SERT sebagai mitra manajemen timnya. Motul juga memutuskan untuk mendukung proyek tersebut.

Fokusnya adalah membangun tim terkuat dalam sejarah Kejuaraan Dunia Ketahanan FIM, dan hanya ada satu tujuan … untuk menang!

Team Suzuki Racing (TSR): Apa artinya bagi Yoshimura, pada awalnya, menjadi bagian integral dari tim Suzuki Factory?

Yohei Kato (YK): Hubungan antara Suzuki dan Yoshimura hampir 46 tahun (sejak 1976) dan merupakan suatu kehormatan besar bahwa Suzuki memiliki kepercayaan seperti itu dalam kegiatan balap kami. Tahun ini adalah kesempatan pertama bagi Yoshimura untuk balapan di seri Kejuaraan Dunia, dan kami bangga dengan fakta bahwa kami dapat berpartisipasi sebagai Tim Pabrik Suzuki.

TSR: Bagaimana Anda dan Damien (Saulnier) mulai bekerja bersama?

YK: Damien mengatur tim balap dan pengaturan setiap balapan. Ini termasuk komposisi anggota tim dan perawatan mesin. Dia selalu menciptakan suasana yang baik dan membuat kita semua merasa positif. Ini seperti sedang bersama keluarga. Setiap orang memiliki perasaan nyaman dan senang menghabiskan waktu bersama. Ini penting untuk kerja tim kami.

Dari pihak Jepang, kami berkonsentrasi pada hal-hal teknis seperti pengembangan mesin, strategi, dan pengaturan. Saya dapat fokus pada pengembangan karena tanggung jawab Damien pada akhirnya.

TSR: Bagaimana Anda dan teknisi Anda mengatur penyempurnaan paket Suzuki yang sudah hebat?

YK: Kami menyetel mesin agar lebih bertenaga sekaligus menjaga sasis tetap mulus. Sangat penting untuk membuat mesin tahan lama untuk balapan 24 jam. Selain itu, penting untuk mempertimbangkan kemampuan kerja juga, jika ada masalah.

TSR: Bagaimana perasaan Anda saat melakukan sesi pengujian pertama dengan tim?

YK: Yoshimura telah bekerja dengan SERT sejak Bol d'Or 24H pada tahun 2019. Semua orang menyambut Yoshimura untuk bekerja dengan SERT dan senang bekerja dengan mereka sejak awal musim ini.

Mengenai sisi teknis, kami memiliki kepercayaan diri yang besar ketika kami dapat memvalidasi kinerja GSX-R1000R spek Jepang kami di sirkuit Eropa. Itu cukup kompetitif tanpa perubahan besar.

TSR: Bagaimana perasaan Anda ketika Yoshimura SERT Motul memenangkan 24 Heures Motos?

YK: Ini adalah balapan penting pertama saya – ketika bendera kotak-kotak dikibarkan, 'lega' adalah kata yang paling cocok! Semua orang di tim sangat bersemangat untuk memenangkannya dan saya menyadari lagi betapa pentingnya itu bagi tim EWC. Perhatian media jauh lebih besar dari yang saya harapkan – saya belajar betapa berharganya memenangkan 24 Heures Motos di Prancis.

TSR: Bagaimana Anda dan seluruh kru tetap positif setelah Estoril?

YK: Kami tahu kami memiliki kecepatan dan performa, jadi kami tidak terlalu khawatir setelah balapan Estoril. Kami berkonsentrasi untuk belajar dari kesalahan dan memastikan itu tidak akan terjadi lagi. Awak tim selalu positif, dan itu bagus karena kerusakan mesin minimal dan pengendara tidak terluka.

TSR: Bagaimana perasaan Anda ketika tim benar-benar mendominasi Bol d'Or.

YK: Sejak Pre-Test di Bol d'Or, kami memiliki kepercayaan diri. Tentu saja, ada tekanan tetapi sekali lagi kami memiliki kepercayaan diri. Kami tahu kami bisa menang jika kami tidak melakukan kesalahan, jadi saya sangat merasa 'berprestasi' setelah balapan. Kami mendapat poin penuh dari acara tersebut, dan itu benar-benar hasil yang sempurna bagi kami.

TSR: Bagaimana tingkat stres Anda mendekati Most?

YK: Kami mengerti kami akan bisa mendapatkan gelar juara jika kami menyelesaikan lomba. Namun, itu membuat saya gugup, dan itu adalah tekanan terbesar musim ini. Pesaing kami tahu lintasannya, tetapi tidak ada seorang pun dari YSM, bahkan ketiga pebalapnya, yang tahu lintasannya. Kami harus mempelajari hal-hal seperti mengatur rasio roda gigi dan harus mempelajari strategi di trek ini.

Kejuaraan Dunia ada di depan kami, dan kami harus meraihnya. Itu sebabnya saya sangat gugup dalam pendekatan ke 6 Jam Terbanyak.

TSR: Apa artinya bagi Anda untuk memenangkan gelar EWC 2021 di tahun pertama Anda sebagai mitra penuh dengan Suzuki.

YK: Sungguh luar biasa bahwa YSM, tim Suzuki Factory mampu menunjukkan performa kuat dari GSX-R1000R. Saya senang memiliki harapan dan kepercayaan Suzuki, dan dapat mencapai hasil terbaik untuk proyek yang dipercayakan kepada saya.

TSR: Bagaimana selanjutnya untuk tim dan Suzuki GSX-R1000R?

YK: Semua orang di Yoshimura SERT Motul melakukan pekerjaan yang sangat baik sepanjang musim. Keempat pembalap itu brilian, dan hubungan mereka sangat baik. Alangkah baiknya jika seluruh tim bisa bekerja sama lagi di musim 2022. Saya yakin level kejuaraan akan dinaikkan untuk tahun 2022, namun, melalui pengembangan Yoshimura SERT Motul GSX-R1000R kami di Jepang; kami siap!

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!