MotoGP 2021 : Quartararo Raih Kemenangan Ganda untuk Monster Energy Yamaha MotoGP di Doha

Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP kembali membuat tim bangga di bawah lampu sorot Losail. Fabio Quartararo meraih kemenangan menakjubkan dari posisi kedelapan di tahap awal Grand Prix Doha hari ini menuju kemenangan dengan keunggulan 1,457s. Maverick Vinales juga sedang mengejar posisi podium. Tindakan kecil yang mengelak di tahap akhir membuatnya kehilangan podium dengan selisih 0,6 detik, tetapi ia mencetak 11 poin solid dengan tempat kelima.

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP terbukti tidak terkalahkan di Sirkuit Internasional Losail pada tahun 2021. Menyusul kemenangan Maverick Vinales di Grand Prix Qatar satu minggu lalu, Fabio Quartararo membawa pulang kemenangan dalam pertarungan menegangkan di Grand Prix Doha hari ini, dengan Vinales finis di urutan kelima.

Quartararo memulai dari P5, dan setelah hiruk pikuk lap pembuka yang biasa, dia menemukan dirinya di posisi kesembilan, di depan rekan setimnya. Tapi anak muda itu tetap tenang, percaya pada konsistensi kecepatan balapannya. Dia mengatur bannya dengan indah, sampai dia menemukan saat yang tepat untuk menerkam.

Pada tahap pertengahan, pebalap Yamaha itu mulai mengubah urutannya lagi. Pembalap nomor 20 itu dengan mulus naik ke posisi kelima dengan sembilan lap tersisa. Dia segera juga menyusul Alex Rins dan mengendus podium. Dia tidak mendapatkan kemajuan apapun dari Rins dan sementara mempertahankan tempatnya, dia terhuyung-huyung dalam duo terkemuka.

Dengan lima lap tersisa, dia dengan terampil menyalip Johann Zarco dan hanya membutuhkan beberapa tikungan lagi untuk memimpin dari Jorge Martin. Meskipun sempat disalip karena tergelincir, orang Prancis itu tanpa henti menyerang lagi, memanfaatkan kecepatan tikungan Yamaha secara maksimal. Kali ini dia membuatnya menempel dan check out. Dia meletakkan palu ke bawah dan tanpa kesalahan melaju ke kemenangan pertamanya musim ini, membawanya dengan keunggulan 1,457s.

Vinales memulai balapan dari posisi ketiga di grid dan menempati posisi kesembilan di akhir lap pertama. Mirip dengan pekan lalu, ia menghabiskan sebagian besar balapan dengan menguntit rekan setimnya, menghemat ban di awal dan menggunakan mode menyerang di tahap yang menentukan.

Kesalahan dari Joan Mir, Aleix Espargaró, dan Francesco Bagnaia membuatnya naik ke posisi keenam di lap 16. Itu adalah isyarat dari pembalap Yamaha itu untuk mulai mendorong. Ini adalah saat dimana manajemen ban sebelumnya terbayar.

Setelah pulih ke posisi keempat dengan tiga lap tersisa, Vinales masuk dengan teriakan untuk naik podium. Dia menempatkan Zarco dan Martin di bawah tekanan serius. Namun, dua lap sebelum akhir pebalap nomor 12 itu harus menghindari tabrakan di tikungan terakhir dan melebar. Itu membuatnya kehilangan posisi dan mengakhiri tantangannya untuk posisi 3 teratas. Dia menyelesaikan balapan di tempat kelima, 2.110 dari posisi pertama.

Hasil hari ini menempatkan Quartararo dan Viñales di posisi kedua dan ketiga dalam klasemen kejuaraan, keduanya dengan total 36 poin. Yamaha dan tim Monster Energy Yamaha MotoGP tetap di tempat pertama dengan total 50 dan 72 poin masing-masing setelah Putaran 2.

Paddock MotoGP akan melakukan perjalanan ke Portugal berikutnya untuk putaran ketiga musim MotoGP 2021, Grande Prémio de Portugal, yang akan diadakan di Autódromo Internacional do Algarve dari 16-18 April 2021.

Fabio Quartararo

"Saya tidak punya kata-kata. Kemenangan balapan ini berbeda dari tiga balapan MotoGP sebelumnya yang saya menangkan sejauh ini. Setelah balapan terakhir saya sedikit kecewa pada diri saya sendiri. Selama balapan ini sangat berbeda. Saya berpikir dengan sangat baik, Saya banyak bermain dengan peta dan ban. Sembilan atau sepuluh lap sampai akhir saya pikir 'Sekaranglah saatnya untuk mendorong dan menunjukkan potensi kami'. Senang sekali bisa finis di posisi pertama! Saya sangat senang dengan FP4 , karena saya merasa bahwa saya adalah satu-satunya pembalap yang hanya melakukan putaran tinggi 1'54s. Jadi kami membuat rencana, tetapi tim juga mengatakan kepada saya untuk memainkannya dengan perasaan, dan saya melakukannya dengan sangat baik hari ini. Saya merasa sangat baik Ketika saya menyalip Zarco, saya juga langsung menyusul Martin. Saya sangat takut ketika menabrak puing-puing di trek. Saya pikir 'Jangan tusuk, tolong!', Karena mengeluarkan suara yang buruk. Lap terakhir saya tidak terasa seperti itu. secepat yang sebelumnya, tapi itu sudah cukup untuk kemenangan. Menyanyikan lagu kebangsaan Prancis bersama Zarco hari ini adalah momen terbaik yang pernah kualami. "

Maverick Viñales

“Yang pasti balapan tidak berjalan seperti yang kami harapkan, tapi saya masih cukup senang, karena pada akhirnya ini adalah hasil yang positif. Saya banyak mengatur ban di awal sehingga saya bisa lebih kuat di akhir. . Itu terbayar, karena pada akhirnya saya sangat kuat, terutama grip belakang bagus. Saya hanya berharap kami akan memiliki lima lap lagi. Kami akan mencoba untuk kembali lebih kuat. Saya tahu kami harus meningkatkan beberapa area, terutama gaya berkendara saya. Yang paling penting adalah motornya memiliki potensi besar, dan kami menunjukkannya dalam sepuluh lap terakhir. Saya berusaha menyalip dan menjadi lebih kuat di setiap lap. Kami mencoba, dan secara keseluruhan saya merasa ini hari yang positif, bahkan jika hasil tidak menunjukkan potensi sebenarnya untuk Qatar Race 2. Namun, saya pikir kelima adalah hasil yang bagus, dan saya melawan dengan semua yang saya miliki. "

 

Massimo Meregalli, Direktur Tim

"Balapan hari ini sangat sulit untuk diprediksi. Balapan kedua di sirkuit yang sama selalu lebih menantang, karena semua orang lebih cepat. Kami memiliki FP4 yang sangat menjanjikan, tetapi degradasi ban tetap menjadi tanda tanya besar. Kami tahu start akan segera dimulai. menjadi rumit dan pada akhirnya itu semua akan tergantung pada manajemen ban. Pembalap kami harus bersabar di awal dan kemudian menjadi berani dan mencoba untuk memenangkan perlombaan. Pembalap melakukan hal itu. Dalam arti tertentu balapan ini adalah karbon salinan minggu lalu untuk kami. Fabio berkendara dengan cara yang luar biasa hari ini! Dia memilih momen yang tepat untuk bergerak ke depan, dan waktu putaran yang dia lakukan untuk menarik diri dari grup sangat fenomenal. Maverick juga nyaris mengambil tempat di podium. Dua lap sebelum akhir, untuk menghindari pebalap lain, dia melebar di tikungan terakhir. Sayang sekali dia tidak punya cukup waktu untuk menutup celah lagi, tapi tempat kelima masih a hasil yang bagus setelah balapan yang berat. Secara keseluruhan, ini adalah awal yang sangat bagus untuk musim ini untuk tim kami. Dua kemenangan ini adalah hadiah terbaik bagi anggota tim kami setelah 35 hari tinggal di Qatar. 'Terima kasih' yang besar untuk semua orang yang berkontribusi dalam pencapaian kemenangan ganda ini. "

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!