Seputar Pertanyaan Bersama Shinichi Sahara tentang Tim Suzuki MotoGP Jilid 2

Nah .. akhirnya pada bagian kedua, berikut ini petikan wawancara jilid 2 bareng Shinichi Sahara selaku Project Director Team Suzuki Ecstar. Yuk mariii …

Apa pendapat Anda tentang pembekuan pembangunan?

SS: “Fokus dan prioritas utama kami adalah selalu memiliki motor yang sangat seimbang. Kami tidak pernah suka untuk berkonsentrasi terlalu banyak pada satu area dan kehilangan keseimbangan dasar tersebut. Kami selalu melakukan perubahan kecil dan peningkatan serta menjaga performa fundamental dan dasar motor. Selalu ada ruang untuk peningkatan dan kami akan terus bekerja, tetapi tidak dapat mengembangkan mesin tidak membuat kami khawatir karena itu sama untuk semua tim, dan kami mendapatkan hasil yang luar biasa tahun lalu dengan GSX-RR kami. ”

Apa pendekatan Anda saat mengerjakan GSX-RR 2021?

SS: “Ini akan sama seperti biasanya, sedikit demi sedikit. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kami selalu mencari perbaikan kecil yang berdampak besar. Ini adalah cara kerja favorit kami, hanya untuk menyesuaikan berbagai hal di sana-sini untuk membangun paket yang lebih baik secara keseluruhan. ”

Seberapa besar dampak yang dimiliki oleh test rider?

SS: “Sylvain memainkan peran penting dalam tim kami, dia banyak membantu kami dalam pengembangan dan arahan. Dia adalah orang yang sangat cerdas dan pebalap yang terampil - waktu putarannya mendekati waktu pebalap MotoGP penuh waktu - jadi dia selalu memberi kami banyak informasi. Dia sangat akurat dan sangat intuitif. Kami juga memiliki Test Rider di Jepang, Takuya Tsuda, dan dia juga memainkan peran yang sangat penting. Kami berharap tahun ini kedua pebalap dapat memiliki lebih banyak waktu bersepeda, karena tahun lalu terbatas karena Covid-19. ”

Apakah situasi saat ini membuat rencana tim satelit Suzuki ditunda?

SS: “Ya, dalam beberapa hal memang demikian karena Davide adalah orang yang berbicara dengan beberapa tim dan memulai bola bergulir. Tetapi saya juga terlibat dalam proses ini, dan berbicara dengan manajemen puncak, jadi itu berarti saya harus bekerja lebih keras sekarang setelah dia pergi. Saya terus memikirkan dan mengerjakannya, jadi itu masih sesuatu yang kami rencanakan, tapi saya belum bisa menentukan tanggalnya. "

Apa yang memungkinkan Suzuki merebut gelar pada tahun 2020? Apakah itu karena motornya, pengendaranya, atau kombinasinya?

SS: “Akan menyenangkan untuk mengatakan bahwa motor kami adalah motor terbaik! Tapi itu sulit untuk dikatakan. Bagaimanapun, kami telah bekerja keras selama bertahun-tahun untuk membuat sepeda paling stabil dan seimbang yang kami bisa, yang memiliki banyak kekuatan berbeda. Namun, keterampilan dan kemampuan pengendara juga selalu membuat perbedaan besar. Joan baru berada di tahun keduanya bersama kami tahun lalu, tetapi dia belajar dengan sangat cepat dan membuktikan kedewasaannya, itu adalah tahun yang sangat sulit tetapi dia mengelola semuanya dengan sangat baik. Sama halnya dengan Alex, dia adalah pembalap yang hebat dan dia juga mampu memberi kami hasil terbaik, meskipun dia mengalami cedera. Tapi kami tidak pernah puas, baik motor maupun pengendara harus selalu meningkat. ”

Suzuki jadi satu-satunya tim dengan line-up yang sama di tahun 2021 seperti di tahun 2020, apakah ini menjadi keuntungan?

SS: “Seperti yang saya katakan, kedua pembalap kami adalah pesaing yang sangat kuat, dan itu bagus untuk menjaga stabilitas dengan memiliki struktur yang sama dan tim yang sama. Keduanya mendapatkan lebih banyak pengalaman dengan GSX-RR kami, jadi saya pikir itu bagus untuk melanjutkan dengan Joan dan Alex. "

Dengan dua pebalap tangguh ini, bagaimana Anda berencana mengelola persaingan di antara mereka?

SS: "Di Suzuki, kami selalu memiliki filosofi di mana kami tidak memiliki pembalap" nomor satu "dan" nomor dua ", kami tidak memiliki pembalap utama. Meskipun kami memiliki rookie dalam tim, kami memperlakukan mereka dengan cara yang sama seperti pembalap yang lebih berpengalaman. Tahun lalu Joan dan Alex memiliki persaingan yang sangat baik, sangat saling menghormati dan pada saat yang sama mereka saling mendorong untuk mencapai hasil yang lebih baik. Kami ingin mendorong semangat dan suasana ini lagi di tahun 2021. ”

Bagaimana pendapat Anda tentang keputusan Joan Mir untuk mempertahankan nomor 36 dan tidak menjalankan nomor 1?

SS: “Bagi saya, saya sangat senang melihat orang nomor satu mengendarai motor di Valencia! Itu adalah sesuatu yang sangat signifikan dan fantastis, tetapi keputusannya untuk melanjutkan dengan nomor biasanya tidak masalah bagi saya, itu pilihannya. Tapi akan menyenangkan juga bisa mendapatkan piring nomor satu lagi, meski sebentar, lagi tahun ini! ”

Tahun lalu semua orang terpisah karena krisis Covid-19, bagaimana ini berdampak pada hubungan antara pekerja di Jepang dan mereka yang ada di sirkuit?

SS: “Kadang-kadang sulit tapi salah satu hal terbaik tentang memenangkan kejuaraan sebenarnya adalah cara kami merayakannya, meskipun ada batasan. Misalnya, saya berada di Jepang ketika Joan mendapatkan mahkota, tetapi semua orang di Hamamatsu sangat senang dan kewalahan dan senang berbagi momen-momen itu! Semakin banyak hadiah dan pesan ucapan selamat berdatangan di kantor setiap hari. Semua orang dari setiap departemen - termasuk sisi mobil dan sisi laut - merayakannya karena itu adalah hal yang sangat besar bagi kami semua di Suzuki. ”

1 Komentar

fennylie10 Maret 2021

facebook,com

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!