Moto GP Eropa 2020 : Joan Mir Juara Perdana, Semakin Kokoh Di Puncak Singgasana

Tim Suzuki Ecstar menikmati apa yang bisa digambarkan sebagai 'Minggu yang sempurna' di sirkuit Ricardo Tormo untuk Grand Prix Eropa; setelah balapan 27 lap yang dikontrol dengan sangat baik, Joan Mir meraih kemenangan MotoGP pertamanya, memperpanjang keunggulannya di kejuaraan, dengan rekan setimnya Alex Rins di tempat kedua.

Menjelang balapan dengan keunggulan 14 poin di kejuaraan, Mir berhasil menekan dengan baik. Dari posisi grid tempat kelima dia memasukkan ke posisi keempat dari garis sebelum dengan cepat pindah ke posisi ketiga, dan hanya empat lap ke balapan dia telah melakukan umpan yang sangat baik untuk merebut tempat kedua. Pria asal Mallorca (Spanyol) menampilkan kecepatan balapan yang fenomenal saat sirkuit tersebut menelan beberapa korban, dan pada Lap 17 ia melewati Rins di Tikungan 11 untuk memimpin. Sejak saat itu tidak ada melihat ke belakang, dan luar biasa dia menetapkan lap tercepat pada balapan di Lap 20. Mengendarai dalam batas kemampuannya dan terlihat mulus dan percaya diri, lima lap dari akhir dia memiliki keunggulan satu detik di atas lapangan dan dia melanjutkan untuk mengambil kemenangan debut yang luar biasa dan memperpanjang keunggulan gelarnya menjadi 37 poin.

Rins mendapatkan start roket dari posisi kedua di grid, dan gayanya yang tepat dan percaya diri membuatnya menjadi pemimpin balapan dan mengatur kecepatan yang bagus dari lap kedua dan seterusnya. Rins mempertahankan posisinya di depan lapangan hingga Lap 17 saat ia dilewati oleh rekan satu timnya. Dia melakukan pekerjaan yang bagus untuk menahan posisi ketiga Pol Espargaro, yang tetap dekat dengan pasangan Suzuki sepanjang balapan. Pada akhir 27 lap, Rins menempati posisi kedua yang solid - podium ketiganya dalam banyak balapan. Dia kini terpaut 37 poin dari rekan setimnya di Tim Suzuki Ecstar, dengan poin yang sama dengan tempat kedua di klasemen, Fabio Quartararo.

Tim Suzuki Ecstar kini meraih podium ganda berturut-turut, tetapi hari ini menandai pertama kalinya Suzuki meraih hasil 1-2 sejak GP Jerman tahun 1982 - ketika Randy Mamola, Virginio Ferrari dan Loris Reggiani memblokir mimbar. Tim Suzuki Ecstar juga memimpin Kejuaraan Tim dan Kejuaraan Konstruktor.

Ken Kawauchi - Manajer Teknis:

“Hari ini adalah hasil yang sempurna untuk tim, selamat dan terima kasih banyak untuk Joan dan Alex! Senang sekali bisa mendapat tempat pertama dan kedua dalam balapan, ini situasi yang ideal - dan sangat luar biasa melihat Joan mendapatkan kemenangan pertamanya! Kami tidak memiliki banyak kesempatan untuk menyiapkan sepeda untuk kondisi kering, jadi kami bahkan lebih terkesan dengan performa pengendara dan sepeda kami. Saya ingin berterima kasih kepada seluruh staf Tim, dan kami akan mencoba melakukan hal yang sama lagi minggu depan. "

Davide Brivio - Manajer Tim:

“Ini merupakan balapan yang luar biasa, saya sudah lama memimpikan Suzuki 1-2 dan hari ini kami berhasil! Terima kasih banyak untuk semua Tim, dan untuk Joan dan Alex tentu saja! Kami melakukan sesuatu yang fantastis musim ini - kami memimpin ketiga kejuaraan dan pembalap kami sangat kuat dalam balapan. Saya ingin merasakan perasaan yang luar biasa ini selamanya, tetapi kami masih memiliki dua balapan untuk difokuskan, jadi kami akan tetap tenang dan menundukkan kepala. Mari kita coba terus seperti ini! "

Joan Mir:

“Saya sangat senang, Tim dan saya membuat akhir pekan yang sempurna! Sulit untuk memberikan 100% saat Anda memperebutkan gelar, karena Anda selalu harus sedikit berhati-hati, tetapi hari ini saya melihat peluang untuk kemenangan debut saya dan saya harus mengambilnya. Saya tahu apa yang harus saya lakukan, dan saya merasa sangat hebat dengan motor saya. Saya tidak memiliki kata-kata untuk menggambarkan betapa luar biasanya menjadi pemenang balapan MotoGP, dan itu memberi saya dorongan ekstra, terutama setelah akhir pekan yang sulit dalam hal kondisi. Segalanya masih mendekati puncak, jadi saya harus tetap fokus dan terus bekerja untuk akhir pekan depan. ”

Alex Rins:

“Saya memimpin sebagian besar balapan, dan saya berharap untuk memimpin dari awal hingga akhir, tapi saya kehilangan satu gigi di Tikungan 11 pada lap ke-17, dan saya melebar dan Joan berhasil lolos. Begitu dia berada di depan, sangat sulit untuk tetap bersamanya, meskipun saya mencoba, karena kecepatannya sangat bagus. Tetapi meskipun hasilnya tidak sempurna untuk saya, itu adalah hari yang fantastis untuk Tim. Joan mendapatkan kemenangan yang sangat dia inginkan, Suzuki finis satu-dua, dan saya mendapat 20 poin untuk menambah penghitungan kejuaraan saya! Jadi, saya senang! Siap untuk pergi lagi minggu depan dan lihat apa yang bisa saya lakukan, masih ada banyak poin di atas meja. ”

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!