Decki ‘Leos’ Firmansyah Pegiat Seni di KustomFest

KustomFest 2015 mengusung tema Showin Soul sedangkan KustomFest 2016 mengangkat topik Reborn Legend. Namun dibalik itu semua, keduanya memiliki kesamaan, orang di belakang layar yaitu yang menggarap setiap karakter dalam poster adalah orang yang sama. Siapa dia?

Decki Firmansyah. Pria kelahiran, Musirawas, Sumatera Selatan 1 Februari 1983 menjadi sosok yang bertanggungjawab atas gambar ciamik dalam poster KustomFest 2015 dan 2016. Leos, demikian biasanya dipanggil, mengawali kiprahnya di acara tahunan kustom kulture ini dengan menjadi bagian dari juri KustomFest 2014. Kemudian sang Direktur KustomFest, Lulut Wahyudi dan Aan Fikriyan mengenalnya lebih dekat dan didaulat untuk menjadi seniman di KustomFest.

Decki juga mengungkapkan sisi lain mengenai Kustom Kulture. “Selama ini banyak orang terjebak tentang definisi local taste. Local taste tidak semata iconic seperti wayang saja misalnya. Banyak hal yang dapat disajikan melalui local taste. Nah ... di situlah kreatifitas kita ditantang”

Alumni Institut Seni Indonesia (ISI) 2002 – 2009 ini mengaku menggarapnya dengan tablet lansiran Wacom. Karena sejak kuliah dituntut untuk berkreasi dan berkarya, membuatnya tidak canggung membuat karya seni. “Setiap mahasiswa disana dituntut untuk melakukan pameran, maka dari situlah kita harus membuat yang terbaik dengan versi kita dan berani beda”

Mengenai desain karakter yang ada pada KustomFest 2015 dan 2016 mengingatkan akan sosok kartun/komik dan ini memang hal yang sempat ditekuni oleh Decki yaitu animator dan illustrator. Karya komiknya pun sempat diterbitkan yaitu Sketchbook Diary volume 1, kemudian menjadi kontributor Mendadak Komik di Gong Magazine dan Return the Loser Heroes.

Decki  pun mengaku sudah mendedikasikan hidupnya untuk menjadi seorang seniman dan dengan berdomisili di Yogyakarta dia merasa suasananya pun mendukung untuk itu semua. Oh ya. Sejumlah logo dari brand luar negeri pun hadir karena tangan terampilnya, sebut saja akun @bobberporn dengan follower mencapai 166k dan @bobberheads dengan follower 160k. Pria murah senyum ini belum tahu siapakah seniman yang menggarap KustomFest 2017 akan tetapi dia berharap akan kembali berkarya di festival pencinta kustom kulture ini.

Instagram          : @dikiloeos

Website            : www.dikileos.blogspot.com

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!