Binter Merzy 1981 (Jakarta) Boardtracker Rasa HD WL

Sepedamotor ini lebih sering jadi pemanis showroom ataupun display bagi juragan Baru Motor Sport (BMS). Ariawan Wijaya menyulap Binter Merzy KZ200 menjadi ala boardtracker yang mengacu pada Harley-Davison varian WL.

Bisa dibilang perubahannya total. Sasis dibikin baru dengan desain rigid. “Ini menyesuaikan gaya klasik sebagaimana motor-motor lama produk Amerika Serikat lansiran 1940an” terang pria yang hobi nge-gym ini. Sasis dibuat dari pipa seamless diameter 31 mm. Inilah yang diakui paling rumit kalau tidak presisi maka tidak akan nyaman dikendarai karena cenderung oleng.

Untuk kaki-kaki depan tidak lagi mengandalkan teleskopik bawaan motor tapi diganti springer yang dimensinya disesuaikan dengan rangka yang kecil. Kemudian setang dibuat lebih simpel dengan model dragbar. Sedangkan tangki bahan bakar custom mengikuti desain H-D jadoel. Dilabur kelir silver dengan sentuhan krom dan emas di beberapa bagian membuat tampilan motor ini istimewa.

Untuk tromol diganti milik Honda CB200 begitu pula belakang memakai Kawasaki Ninja 150. Ban depan 3,00 x 18 dan belakang 4,00 x 18 dengan pattern klasik. Rem depan mengandalkan tromol uniknya rem belakang malah memakai sistem cakram hidrolik. Tentu biar berasa jadulnya dicelup krom.

Yang bikin mata pangling tentu bagian depot pacu. Tampak mesin V Twin menjadi penggerak motor ini. Sejatinya motor ini hanya tetap mengandalkan silinder tunggal sedangkan silinder satunya mati. Jadi sebatas aksesoris. “Justru bila seandainya mengandalkan mesin yang hidup saja maka akan terdapat kesan kosong. Sebenarnya sih gak sedikit yang memakai mesin satu silinder malah berkesan cungkring” terang Arie.

Sebenarnya modif begini bukan hal yang baru di Indonesia. Era 1990an sempat hadir. Seakan mengulang memori masa silam nih.

Arie yang belakangan concern ke detailing benar-benar memperhatikan hingga ke bagian yang terkecil. Semuanya beraura klasik. Perhatikan saja jok kulit, pedal gas dengan rem yang pangkal ada di ujung setang, sepakbor logam hingga cover aki desain bulat.

Baru Motor Sport
Jln. Palmerah Barat No.25,
RT.1/RW.2, Jakarta Barat

Telpon. 021-530 9692

Foto : BMS for MotorModif.id 

 

 

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!