Modifikasi Senilai 2 kali Motor !

 Yamaha Jupiter MX King 150 2016 (Perak,Malaysia)

Modifikasi Senilai 2 kali Motor!

Yamaha Jupiter MX King 150 atau di negara lain disebut Exciter 150 memang fenomenal, memang masih menganut pakem Jupiter MX series memakai suspensi belakang monocross (monosok) dan depan teleskopik pendek.

Menginjak generasi ketiga, tampilan kian gahar terlebih lagi depot pacu mengalami pembengkakan menjadi 150 cc.Apakah itu sudah membuatnya cukup? Tentu tidak. Di Negeri Siam tengah tren Yamaha Exciter 150 dengan kaki-kaki moge. Awalnya adalah kreativitas Agen Pemegang Merek (APM) Yamaha di Thailand ketika launching product. Di era 90an sempat marak motor dimodifikasi ayam jago yang berotot memakai suspensi depan upside down belakang pro arm. Bila tren lagi, bisa dibilang de javu.

Modifikasi Senilai 2 Kali Motor!

Nah .. kali ini Nusantara Sportbike, Bandung mendapatkan tantangan untuk menggarap hal yang tengah tren di Thailand. Kebetulan yang menjadi customer adalah pencinta motor modif dari negeri Jiran,tepatnya daerah Perak bernama Muhammad Nazri. Bengkel yang dikomandani oleh Hadi Muhari ini sudah tidak asing lagi di kalangan pengguna motor sport negara Malaysia dan Singapura.

Modifikasi Senilai 2 Kali Motor!

“Modif nya sebenarnya sederhana, mengganti kaki-kaki standar motor dengan moge. Pendeknya jadi ala superbike” terang Hadi. Kata sederhana ini ternyata mudah dalam pengucapan, namun dalam pengerjaannya? “Lebih rumit dari pengerjaan motor sport, tapi disitulah tantangannya” kekehnya.

Yang tersadis adalah pengerjaan suspensi depan. “tabung dan cartridge fork upside down dipotong sepanjang fork dari MX King. Pengerjaannya harus benar-benar presisi” buka Hadi. Tentunya as komstir harus dibuat custom.Kemudian merambah pada kaki-kaki belakang. Lengan ayun Yamaha R6 pangkal arm depannya dipapas seukuran rangka MX King, barulah dudukan monosok dibuat. Sebagaimana motor Yamaha umumnya, monocross sistemnya langsung tersambung dengan lengan ayun.

Modifikasi Senilai 2 Kali Motor!

Untuk pelek depan belakang diubah bearing dan bushing nya sehingga memiliki ukuran as fork dan as lengan ayun.

Setelah itu, gear depan dan belakang lagi-lagi dibuat custom, gear depan dengan jumlah mata 14 dicustom dan digeser arah keluar ini dimaksudkan agar posisinya sejajar dengan gir belakang yang pastinya posisinya bergeser karena pemakaian pelek tapak lebar. Gear belakang yang semula berjumlah 42 dinaikan menjadi 50 ini dimaksudkan agar tarikan mesin tetap ringan walaupun pastinya top speed bakal berkurang.

Modifikasi Senilai 2 Kali Motor!

Sedangkan rantai memakai ukuran 428 namun sedikit lebih panjang dibandingkan dengan standar.

Bagaimana dengan depot pacu? Kebetulan, sang pemilik yang berprofesi sebagai kontraktor bangunan ini tidak menyukai kecepatan tinggi sehingga tidak ada perubahan sama sekali, knalpotpun masih dalam kondisi standar. Overall, garapannya tergolong rapi jali. Seakan-akan bikinan pabrikan. Mantap !

 

Spesifikasi Limbah Moge :

- Fork Depan Suzuki GSXR600 2009

- Kaliper Depan Tokico Monoblock 4Piston

- Master Rem Nissin 11/16" Radial

- Swing Arm Yamaha YZF-R6 2014

- Monoshock Original MX King

- Velg Set Honda CBR600RR 2009

- Kaliper Belakang Nissin 2 Piston

- Ban Depan Pirelli Rosso 120/70 – 17

- Ban Belakang Pirelli Rosso II 180/55 – 17

 

 

Modified by : EL Coast Custom, Bandung

Organized by : Nusantara Sportbike, Bandung

Contact Person : Hadi Muhari +62811 2233 676

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!