Anthony West didiskualifikasi, Karena Akeno Speed menolak Bongkar Mesin

MotorModif.id mendapatkan surat elektronik dari FIM Asia terkait dengan didiskualifikasi Anthony West dari kelas SuperSport 600 cc. Mantan pembalap Moto2, Anthony West yang berlaga di Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas SuperSport 600 cc dinyatakan didiskualifikasi dan seluruh poin di race 1 dan race 2 dinyatakan dihapus.

Berikut pemaparan yang disampaikan kepada redaksi MotorModif.id

Penyebab didiskualifikasi, disebabkan Team Akeno Speed Racing, dimana tim Anthony West bernaung menolak untuk membongkar mesin untuk dilakukan scrutineering. Ini adalah pelanggaran prosedur teknis dan menjadi penyebab didiskualifikasi.

Jam 16.00, Setelah race 2 kelas supersport 600 cc, tiga motor yang finis pertama (Motor No. 13, Motor No.25, Motor No.24) diberitahukan untuk mempersiapakan part dari motor mereka untuk dilakukan scrutinnering, sebuah prosedur wajib yang dilaukan untuk setiap kali balap. Tidak ada protes dari tim manapun untuk melakukan hal ini. Namun tim mekanik motor No.13 menolaknya.

Jam 17.05, Kepada tim Motor No.13 diberitahukan, bila tidak dilakukan pembongkaran mesin maka mereka akan didiskualifikasi. Setelah melebihi waktu yang ditetapkan tak ada satupun baut yang dilepas dari motor no.13. Scrutineering pada motor No.25 dan No.24 sudah selesai diperiksa dan memenuhi regulasi.

Hasil Lomba

Hasil sementara yang dikeluarkan pada 15.48  tertunda hingga akhir waktu protes. Hasil diubah dikeluarkan pada untuk Race 2 di Seri 2. Selanjutnya, hasil diubah untuk Race 1 di Seri 2 juga dibuat, karena scrutineering pasca balapan mempengaruhi kedua balap karena mesin disegel. Oleh karena itu, setiap pelanggaran di sisi teknis akan mempengaruhi hasil di kedua race, race 1 maupun race 2. Hasil diubah dan diterbitkan di 17.23 dan tidak ada protes yang dilakukan saat hasil diubah.

FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) diselenggarakan dengan standar yang telah ditetapkan oleh FIM dan Asia FIM. Tidak ada ketidakadilan yang disebabkan dengan cara apapun untuk setiap peserta ataupun tim. Hal ini sama mengecewakan ketika tuduhan dan asumsi yang dibuat tanpa pemahaman penuh fakta-fakta dan proses yang tepat dari aturan yang ditetapkan dalam otosport yang menekankan standar tertinggi untuk sportif dan profesionalisme.

0 Komentar

Tinggalkan Komentar

atau register dulu untuk ngasih komentar!